Berita


Kementan Gelar Uji Kompetensi Mutasi Alih Tugas Untuk PNS

Apr 04, 2024

CIAWI - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) baru saja melangsungkan uji kompetensi mutasi alih tugas ke Kementan bagi ASN non-Kementan.

Hal ini merupakan wujud komitmen Kementan untuk mencetak SDM yang profesional dan berkualitas. 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menekankan pentingnya ASN yang profesional.

“Jadilah ASN profesional yang memiliki kompetensi sesuai dengan profesi yang ditekuni, mempunyai pengetahuan, sikap, keterampilan, motivasi, dan atribut lain yang d...


Kementan Internalisasikan Integritas ASN Lewat Buku

Mar 20, 2024

CIAWI - Kementerian Pertanian terus mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) nya untuk memiliki integritas dalam pelaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai pelayan publik. 

Melalui Asosiasi Profesi Widyaiswara Indonesia (APWI), Kementan mengajak para ASN dan pejabat publik untuk menginternalisasikan integritas sebagai suatu komitmen atau pondasi yang kokoh dalam diri lewat buku bertajuk “Menyingkap Tirai Integritas”.

Integritas menunjukkan konsistensi antara ucapan dan keyakinan yang tercermin dalam perbuatan sehari-hari. Seorang ASN dan pejabat publik memiliki amanah dalam penyeleggaraan pelaya...


Kementan Dorong ASN BerAKHLAK Wujudkan Birokrasi Kelas Dunia

Mar 19, 2024

CIAWI - Kementerian Pertanian mendorong para pejabat administrator Aparatur Sipil Negara (ASN) wajib memiliki kompetensi dan values BerAKHLAK untuk percepatan mewujudkan birokrasi berkelas dunia atau World Class Bureaucracy melalui Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA).

Salah satu ciri birokrasi kelas dunia adalah pelayanan publik yang semakin berkualitas serta tata kelola yang semakin efektif dan efisien.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi mengatakan core values “BerAKHLAK” wajib menjadi pondasi budaya kerja ASN yang pro...


Tingkatkan Kualitas ASN, Kementan Siap Jadi Assessment Center

Mar 09, 2024

BOGOR-Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) terus berkomitmen mencetak ASN yang profesional dan berkualitas. Salah satunya melakukan penilaian kompetensi bagi ASN (Assessment Center).

Sebagai informasi, Indeks Profesionalitas ASN/Kualitas ASN diukur dari kualifikasi pendidikan, kompetensi, kinerja dan kedisiplinan. 

Berdasarkan Peraturan Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2019 tentang Pembinaan Penyelenggaraan Penilaian Kompetensi Pegawai Negeri Sipil, Assessment Center didefinisikan sebagai metode tersta...


Jaga Pangan, P4S Sinergi Brebes Inovatif Siap Amankan Pasokan Bawang Merah

Mar 08, 2024

BREBES – Kementerian Pertanian (Kementan) fokus menjaga ketersediaan pangan, khususnya menjelang bulan ramadan dan hari raya Idul Fitri 1445 H.

Salah satu upaya dengan menjaga produksi komoditas utama dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat tani, salah satu nya Pusat Pelatihan Pertanian Swadaya (P4S) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Menyinggung peningkatan produksi dan produktivitas komoditas pertanian, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi meminta penyuluh untuk turun ke lapangan, untuk memastikan seluruh sarana prasarana yang dibutuh...