Berita


Sinergi Kementan-Barantin, Tingkatkan Kompetensi Pengelolaan Barang dan Jasa bagi ASN

May 07, 2024

BOGOR - Kementerian Pertanian dan Badan Karantina Indonesia (Barantin) sepakati kerjasama pelatihan dalam pengembagan kompetensi ASN di bidang pengelolaan pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. 

Pelatihan yang akan diselenggarakan oleh Balai Besar Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (BBPMKP) ini bertujuan membekali para ASN pengelola barjas kompetensi sekaligus pembekalan awal untuk mengikuti ujian sertfifikasi keahlian di bidang pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Kepala BBPMKP Kementan, Yusral Tahir dan Acang Nurhasan selaku Plt Kepala Bir...


Kementan Siap Gelar TOT "Gerakan Antisipasi Darurat Pangan Nasional"

Apr 25, 2024

JAKARTA - Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian siap menggelar Training of Trainers (TOT) bertajuk ‘Gerakan Antisipasi Darurat Pangan Nasional’ bagi Widyaiswara, Dosen, Guru, Penyuluh Pertanian dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) pada 2-4 Mei 2024 mendatang.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta dalam peningkatan produksi padi melalui optimalisasi lahan rawa dan pompanisasi di lahan sawah tadah hujan, serta pemanfaatan lahan perkebunan untuk padi gogo. Hal ini dilakukan melalui Gerakan Antisipasi Darurat Pangan Nasi...


Gandeng BKN, Kementan Wujudkan Unit Assessment Center Kredibel

Apr 23, 2024

BOGOR - Unit Pelaksana Assessment Center Kementerian Pertanian saat ini tengah menyiapkan proses akreditasi penyelenggaraan uji kompetensi ASN. 

Akreditasi merupakan langkah awal Kementan untuk mendapatkan pengakuan terhadap kualitas dan kelayakan lembaga dalam melakukan penilaian kompetensi ASN. 

Menggandeng Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai instansi pembina penilaian kompetensi ASN dalam proses akreditasi, Kementan optimis dapat mewujudkan unit assessment center yang kredibel.

Assessment Center merupakan metode terstandar yang dilakukan untuk mengukur kompetensi dan prediksi keberhasila...


Kementan Gelar Uji Kompetensi Mutasi Alih Tugas Untuk PNS

Apr 04, 2024

CIAWI - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) baru saja melangsungkan uji kompetensi mutasi alih tugas ke Kementan bagi ASN non-Kementan.

Hal ini merupakan wujud komitmen Kementan untuk mencetak SDM yang profesional dan berkualitas. 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menekankan pentingnya ASN yang profesional.

“Jadilah ASN profesional yang memiliki kompetensi sesuai dengan profesi yang ditekuni, mempunyai pengetahuan, sikap, keterampilan, motivasi, dan atribut lain yang d...


Kementan Internalisasikan Integritas ASN Lewat Buku

Mar 20, 2024

CIAWI - Kementerian Pertanian terus mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) nya untuk memiliki integritas dalam pelaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai pelayan publik. 

Melalui Asosiasi Profesi Widyaiswara Indonesia (APWI), Kementan mengajak para ASN dan pejabat publik untuk menginternalisasikan integritas sebagai suatu komitmen atau pondasi yang kokoh dalam diri lewat buku bertajuk “Menyingkap Tirai Integritas”.

Integritas menunjukkan konsistensi antara ucapan dan keyakinan yang tercermin dalam perbuatan sehari-hari. Seorang ASN dan pejabat publik memiliki amanah dalam penyeleggaraan pelaya...