Sinergi Kementan-Barantin, Tingkatkan Kompetensi Pengelolaan Barang dan Jasa bagi ASN


BOGOR - Kementerian Pertanian dan Badan Karantina Indonesia (Barantin) sepakati kerjasama pelatihan dalam pengembagan kompetensi ASN di bidang pengelolaan pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. 

Pelatihan yang akan diselenggarakan oleh Balai Besar Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (BBPMKP) ini bertujuan membekali para ASN pengelola barjas kompetensi sekaligus pembekalan awal untuk mengikuti ujian sertfifikasi keahlian di bidang pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Kepala BBPMKP Kementan, Yusral Tahir dan Acang Nurhasan selaku Plt Kepala Biro Umum dan Keuangan Barantin pada Senin (06/05/2024) di BBPMKP. 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BBPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan salah satu faktor penunjang keberhasilan pembangunan pertanian adalah peningkatan kapasitas SDM, oleh karenanya, diperlukan penyiapan dan pencetakan SDM pertanian yang unggul dan profesional, salah satunya melalui pelatihan.

Pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah sangat diperlukan guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan keuangan negara yang dibelanjakan melalui proses pengadaan barang dan jasa pemerintah oleh karenanya dibutuhkan upaya untuk menciptakan keterbukaan, transparansi, akuntabilitas serta prinsip persaingan/kompetisi yang sehat dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Untuk merealisasikan hal tersebut, diperlukan aparatur pengelola pengadaan barang dan jasa pemerintah yang memiliki kompetensi guna melakukan kegiatan pengadaan secara efisien, efektif, terbuka, adil dan transparan serta dapat dipertanggungjawabkan. 

Kepala BBPMKP, Yusral Tahir menyambut baik kesepakatan kerjasama pelatihan. Melalui moment tersebut Yusral berharap akan membuka peluang kesempatan pada kerjasama-kerjasama berikutnya.

“Semoga setelah kerjasama ini akan ada kerjasama-kerjasama lain dengan Barantin, terutama dalam dalam hal pengembangan kompetensi ASN, kami sangat terbuka untuk hal ini”, kata Yusral.

Sementara itu, Plt Kepala Biro Umum dan Keuangan Barantin, Acang Hasan mengungkapkan rasa suka citanya dapat bekerjasama dengan BBPMKP.

“Terima kasih BBPMKP telah menerima kami dan mau bekerjasama untuk pelatihan pengadaan barang dan jasa ini, kami berharap melalui pelatihan pengadaan barang dan jasa ini kompetensi ASN kami akan meningkat”, tandas Acang.

#Humas BBPMKP