Dukung Pameran dan Inovasi Perbenihan, BPPSDMP Turut Berpartisipasi dalam Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan ke IX


Bogor- Jawa Barat. Sebagai wujud dukungan terhadap peningkatan akses pertukaran informasi perbenihan, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) melalui Balai Besar Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (BBPMKP) turut berpartisipasi pada gelaran "Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan ke IX" di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Gelaran yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian ini bertujuan meningkatkan akses pertukaran informasi perbenihan secara masif dan membangun sistem perbenihan terintegrasi yang nantinya akan berorientasi pada bisnis menuju kemandirian benih.

Hadir mewakili Plt Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi, Kepala BBPMKP Sukim Supandi, dalam kesempatan pembukaan giat tersebut mengatakan BPPSDMP terus mendukung program-program Kementerian Pertanian untuk kesejahteraan masyarakat dan petani, salah satunya gelaran Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan.

“Kami mendukung kegiatan yang sangat menarik ini karena menawarkan berbagai inovasi perbenihan, demonstrasi, dan klinik konsultasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan petani khususnya untuk pembelajaran serta mendukung produktivitas dan ketahanan pangan nasional”, ungkap Sukim Supandi

Sukim Supandi pun mengajak seluruh masyarakat dan insan pertanian untuk berpartisipasi dalam perhelatan tersebut, khususnya masyarakat Kabupaten Bandung.

Dengan mengangkat tema “Mewujudkan Kemandirian Benih Tanaman Pangan Untuk Kedaulatan Pangan Menuju Indonesia Emas 2045”, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana eksplorasi dan optimalisasi varietas tanaman pangan. Kegiatan dibuka oleh Wakil Menteri Pertanian, Sudaryono.

Adapun rangkaian kegiatan meliputi display varietas, display produk perbenihan dan pertanian, forum perbenihan tanaman pangan yang melibatkan stakeholders terkait (deklarasi insan perbenihan, sarasehan perbenihan, peningkatan kapasitas PBT dan kapasitas investasi di bidang perbenihan), konggres IPBTI (Ikatan Pengawas Benih Tanaman Indonesia), job fair, demonstrasi dan klinik konsultasi, serta aneka perlombaan.

Kegiatan tersebut berlangsung pada 27 sampai dengan 30 Juli 2024 di Gedung Budaya Soreang, Kec. Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat*

*Humas BBPMKP