Keterangan Foto : Pelatihan Pelayanan Prima bagi Petugas resmi ditutup oleh Kepala PPMKP Ir. Heri Suliyanto, MBA, Acara diakhiri dengan foto bersama.
Ciawi Bogor – PPMKP : Keceriaan nampak terpancar dari wajah para peserta yang baru saja mengikuti Pelatihan Pelayanan Prima Bagi Petugas yang diselenggarakan Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) selama lima hari sejak tanggal 17 Juni dan ditutup secara resmi oleh Kepala PPMKP Heri Suliyanto, Jumát (21/6).
Sebagai Petugas yang berada pada garda terdepan dalam melayani masyarakat, mereka semakin mengerti pentingnya memberikan excellent service kepada masyarakat. Hal tersebut diungkapkan Ferdi dari Balai Alih Tehnologi Pertanian (BATP) Bogor dalam kesan dan pesannya mewakili peserta lainnya.
“ Kegiatan ini luar biasa, karena dengan mengikuti pelatihan ini kami menjadi lebih tahu pentingnya memberikan pelayanan terbaik itu, “ tuturnya.
Sementara itu Kapus PPMKP berpesan jika melakukan pelayanan, lakukanlah sepenuh hati jangan sampai ada rasa terpaksa. Jika terpaksa jangankan membahagiakan orang lain, kita sendiri takkan bahagia. Mulailah dari diri sendiri, hadirkan motivasi untuk memberikan yang terbaik.
“ Kegiatan pelatihan ini berbarengan dengan peringatan Hari Krida Pertanian, mari gunakan moment ini untuk bisa meningkatkan pelayanan,” ucap Heri dalam sambutannya.
Jika berbuat baik terhadap sesama kata Heri, maka efeknya akan kembali pada kita atau lembaga .Jika diibaratkan seperti melakukan olahraga Squash, bola yang dipukul akan mantul kembali lagi. “ memberikan yang terbaik bukan hanya bagian dari pengabdian kepada sesama tapi berkolerasi dengan Tuhan, “ ujarnya. Ia berharap setelah kembali dari pelatihan dan statusnya adalah alumni Pelatihan Pelayanan Prima, maka harus ada perubahan dalam melaksanakan pelayanan kalau tidak berubah maka merugi tidak hanya bagi pribadi tapi juga bagi instansi/lembaga. Karena begitu banyak pengorbanan yang sudah dilakukan mulai dari waktu serta biaya.
“ Anda termasuk orang yang merugi jika hari ini tidak lebih baik dari kemarin dan besok tidak lebih baik dari hari ini. Buktikan jika anda adalah alumni dari pelatihan ini, “ katanya Apalagi bagi para PNS, Ia mengingatkan sudah mendapatkan tunjangan kinerja maka tingkatkan pelayanan dengan senyum yang lebih baik, menyapa, dan salam.
Pelatihan Pelayanan Prima Bagi Petugas mengundang 40 orang peserta yang merupakan petugas garda terdepan (Front Liners), petugas yang melakukan pelayanan langsung kepada publik seperti petugas Satuan Pengamanan (Satpam), Resepsionist dan Petugas Asrama. Pelatihan ini menghadirkan sejumlah narasumber baik dari lingkup Kementan maupun dari luar. Dalam kunjungan lapang peserta diajak mengunjungi Hotel Berbintang dan Musium Pertanian. (RG/PPMKP)